Tuesday 5 January 2016

Microsoft Ciptakan Alat Bantu Teknologi Forensik

Tuesday 5 January 2016



Microsoft Ciptakan Alat Bantu Teknologi Forensik


Microsoft menandatangani kesepakatan dengan National White Collar Crime Center (NW3C) untuk mendistribusikan Computer Online Forensic Evidence Extractor (COFEE) guna kepentingan bidang forensic digital.
NW3C merupakan organisasi keanggotaan nirbala yang didesikasikan untuk mendukung proses penegakan hukum, investigasi dan pendakwaan terhadap berbagai bentuk kejahatan yang melibatkan teknologi tinggi. Untuk itu, Microsoft menyediakan COFEE bagi para agen penegak hukum dalam membantu menganalisa dan meyelidiki kasus-kasus lriminal kompleks yang dilakukan para pelaku kejahatan melalui internet dan teknologi computer.
COFEE memanfaatkan teknologi forensic digital untuk membantu para penyidik mengumpulkan bukti berupa aktivitas berkomputer secara langsung yang digunakan untuk melakukan kejahatan. “Tantangan umum dalam hal investigasi kejahatan cyber adalah kebutuhan untuk mengadakan analisa forensic pada computer,” kata juru bicara Microsoft.
“Sementara bukti-bukti seperti proses penggunaan computer saat system tengah aktif dan jaringan data seringkali hilang dan menguap begitu saja saat computer dimatikan. Padahal, bukti ini berisi berbagai informasi yang bias menjadi penguat dalam proses investigasi dan pendakwaan,” tambahnya.
Dengan COFEE operator computer tidak memerlukan keahlian khusus untuk menangkap beragam informasi. Pengguna computer awam sekalipun dapat dibimbing menggunakan pre-configured COFEE dalam waktu kurang dari 10 menit. Hal ini memungkinkan mereka bias mengambil bagian dalam mengoperasikan perangkat forensic digital untuk mengumpulkan bukti-bukti kuat yang dibutuhkan untuk proses investigasi.

sumber : www.ketok.com 

0 komentar:

Post a Comment

 
INFO TEKNOLOGI. Design by Pocket - Fixed by Blogger templates